Recent Post
7.19.2010

Judul posting untuk apa ?

Judul post disini adalah, kadang-kadang kita mempunyai persamaan yang hampir sama antara judul dan tema, dengan apa yang dibuat oleh orang lain, bagaimana strategi yang bagus ?
Ini bisa berarti, konten dan tema boleh sama, tapi sudut pandang penulisan bisa berbeda-beda, termasuk memberikan kredit yang pantas kepada sumber yang relevan bila diperlukan atau tidak perlu memberikan kredit apa-apa kalau memang tidak ada sumber sebagai acuan, bisa juga dengan menambahkan data pendukung yang lebih banyak, dan hal lainnya.

Tujuan lain pentingnya judul posting adalah sebagai test case, tentang variabel apa yang menjadi penyebab sebuah judul post bisa bertahan pada halaman pertama google, dalam arti alami, relevan, bukan sekedar menambahkan meta title tapi isinya sendiri tidak ada.
Dalam konteks pembahasan ini blog diasumsikan sudah terdaftar pada, google.co.id addurl, google.com addurl, atau yahoo site explorer supaya blog dikenal mesin pencari.

Judul post dengan tingkat kesulitan tinggi:
  1. memenuhi unsur dalam google trends, pencarian seluruh dunia dan sepanjang tahun dalam batasan google, termasuk wilayah regional, dua hal ini sepertinya harus dilihat sebagai perbandingan.
  2. topik bisa tema terkini (hard facts) tapi hanya sebagai stimulus, karena blog tidak mungkin bersaing dengan media pro, yang mempunyai jaringan yang luas yang siap up-date setiap saat.
  3. topik boleh tidak terkini tapi masih diperlukan atau dicari, konten penyangga, utama, lebih bertahan lama.
    misalnya: seperti tutorial komputer, teknik menulis jurnalistik, tentu saja keduanya sebaiknya diperbaharui seperlunya, yang semestinya dilakukan membuatnya lebih maju dari yang sudah ada.
Judul post dengan tingkat kesulitan yang lebih rendah: sama dengan unsur nomor 2 dan 3 diatas, tanpa unsur nomor 1.

Case study 1

Tingkat kesulitan tinggi, contoh kasus, judul: Hachiko, parameter: rentang waktu minat dan pencarian berdasarkan google trends, untuk semua kategori, periode waktu 2004 – 2010, penelusuran web seluruh dunia, termasuk regional Indonesia, hasilnya minat yang cukup tinggi untuk hachiko
Pencarian organik / perkiraan kata kunci yang akan diketik pada mesin pencari:
hachi, hachiko, hachiko shibuya, shibuya hachiko, hachiko japan, richard gere hachiko, hachiko akita inu, hachiko monogatari dan seterusnya.

Hasilnya; gagal, dengan mengetik berderet kata kunci diatas tidak ditemukan "hachiko faithful dog" terselip dalam daftar pencarian google, artinya gagal total, terlempar jauh pada pencarian google, jangankan halaman pertama, halaman yang ke sepuluh-pun tidak bisa dicari.

Analisa / dugaan sementara / perkiraan: menggunakan bahasa inggris untuk judul post dengan minat pencarian yang tinggi untuk kategori tingkat kesulitan tinggi, keyword "hachiko" di google akan bertemu dengan lawan-lawan berat disana, diantaranya dari You Tube (alexa #3 dunia), thread dari Kaskus (alexa #6 id), en.Wikipedia (alexa #7 dunia) , dan sederet lawan berat lainnya.
Idealnya harus diganti dengan bahasa indonesia misalnya: anjing aneh hachiko, hachiko setia, hachiko samurai , dan lainnya, itu juga bukan jaminan karena dasarnya memang sudah berat.
Hachiko Faithful Dog adalah post pertama sekaligus test case yang sangat berat, saya menyadari ini, tapi saya tetap mencoba walaupun gagal, karena ini adalah main frame dari blog ini.

Case study 2
Tingkat kesulitan moderat / rendah, contoh kasus; judul: esai sojourner
parameter: tidak termasuk google trends, dan bukan konten utama (berdaya tahan lama) sekaligus ini menjadi kelemahan.
asumsi kata kunci yang akan diketik pada mesin pencari; essay, essay sojourner, sojourner truth, esai, sojourner.
Hasilnya: berhasil, minimal sampai pada tanggal hari ini saat post ini dibuat.
analisa: kata kunci "essay" atau "esai" dikecualikan karena ini sudah termasuk kategori tingkat kesulitan yang tinggi (masuk dalam daftar google trends dengan penetrasi yang tinggi).

Kenapa berhasil ?
Essay sojourner bukan termasuk google trends, kecuali sojourner, tapi tingkatannya masih jauh dibawah keyword "hachiko", sojourner hanya popular di Amerika.
Bagaimana supaya bisa masuk menjadi bagian dari keyword sojourner ? judulnya diganti dengan "esai sojourner" untuk menurunkan tingkat kesulitan dan dapat ditemukan pada dua keyword yang berbeda, arah pembahasan juga berubah, bukan sosok Sojourner atau Valerie (sebagai penulis) yang akan diutamakan tapi "esai" itu sendiri yang akan maju ke depan.
Untuk bisa masuk dengan kuat dan dikenal dalam kata kunci "sojourner", juga menggunakan salah satu cara lain; penggalan post ini di publish melalui "Lintas Berita" (alexa #31 id) dan berhasil dikenal pada halaman pertama google. Dengan demikian untuk pencarian web dengan tiga kata kunci; sojourner, essay sojourner, atau esai sojourner, semuanya menjadi relevan (google.co.id).


Perkiraan / kesimpulan ahir:
Apakah ini merupakan jaminan untuk mendapat lalu-lintas yang keras ? tidak ada jaminan, ini hanya salah satu cara teknis supaya bisa berada pada halaman pertama hasil pencarian google dengan beberapa kata kunci

"Keyword" yang masuk pada halaman pertama pencarian google tidak ada hubungan yang kuat dengan peringkat alexa atau PR google mungkin ini semua hanya akan bertindak sebagai "booster", atau baru berfungsi kalau ingin mencapai tingkat kesulitan yang tinggi, itu-pun harus dilakukan dengan memakai kata kunci yang tepat tidak boleh asal jadi.
Hubungan yang sangat kuat justru pada google trends itu sendiri, apakah tingkat kesulitannya tinggi atau rendah ?, kata kunci yang tepat, attribute pada gambar, teknik penulisan SEO, huruf miring, cetak tebal, meta diskripsi dan lainnya. Yang perlu diketahui bahwa ini semua hanyalah percobaan, tidak ada bukti yang valid.

Related Posts


0 comments: