Recent Post
5.01.2010

Website Aneh: diskusi


"Website saya banyak di-kritik bahwa website itu: kuno, jelek dll, saya terima dengan lapang dada. Website itu merupakan hasil karya saya dan merupakan sebuah kenangan manis yang dibuat secara autodidak hanya dengan bantuan buku Manual MS Frontpage 2000"

Tulisan di atas ini adalah kutipan yang diambil dari basukipramana blogspot.com. Kemarin 29 April saya surfing di internet, dan seperti biasa tanpa sengaja masuk ke blog yang belum dikenal, karena merasa tertarik dengan topiknya ikut berkomentar.

Pembicaraannya seputar desain webblog, pada intinya bahwa, pada dasarnya antara saya dan dia sama saja, bedanya blog menurut saya adalah: yang penting bisa di akses dengan cepat, "karena akses internet saya lambat".

Untuk lebih jelasnya bagaimana diskusi kemarin bisa melihat langsung ke sumbernya, kalau belum dihapus, di: basukipramana.blogspot.com

Malamnya penasaran dan langsung surfing di internet, web desain yang jelek sebenarnya apa ?

www.noupe.com, Ini adalah alamat yang dijadikan sebagai sumber karena datanya cukup banyak, sekitar 80 lebih rasanya website resmi dari pemerintah sebuah negara yang tidak lepas dari kritikannya. Yang baik saja masih dengan catatan, apalagi yang jelek.

Penilaiannya lebih banyak ke desain, termasuk diantaranya navigasi halaman, penempatan gambar, waktu muat halaman, arti simbol, dan lainnya, bukan berbicara SEO atau SERP.

Karena contohnya banyak, di bawah ini diambil dua saja yang sepertinya paling aneh, yang pertama dari website resmi pemerintah Afika Selatan:

africagov

notice

www.gov.za ini adalah gambar website resmi pemerintah Afrika Selatan, 29 April 2010, yang dilingkari garis merah kelihatan bahwa web hanya fokus dengan menggunakan resolusi layar 800 x 600, sementara resolusi layar saya 1024 x 768 pixels, akibatnya posisi gambar tidak bisa tepat di tengah, tapi cenderung ke sebelah kiri, ini adalah contoh aneh untuk ukuran website resmi suatu negara.

Yang kedua, website dari pemerintah Inggris, www.direct.gov.uk, sampai pada hari ini, 1 May 2010, masih terlihat bahwa web resmi pemerintah Inggris tidak seperti pada umumnya, tidak ada "tanda" atau simbol "bender" atau tulisan "UK" pada halaman depan. Mungkin mereka mau bilang "saya berbeda, jangan samakan dengan yang lain !", barangkali.

Judul yang di pasang di atas adalah website aneh bukan website jelek. Menurut pendapat saya kedua web ini yang paling aneh di antara 87 website yang dikritik oleh noupe.com

Khusus untuk dua contoh ini, tidak begitu yakin bahwa untuk ukuran sebuah negara tidak bisa membangun web resmi dengan baik, tapi saya percaya kalau mereka tidak perduli tentang citra negara melalui website, bahkan lebih percaya lagi kalau mereka sengaja lain daripada yang lain supaya websitenya di akses, atau melihat feedback dibelakangnya.

Dengan kata lain saya ingin mengatakan kepada basukipramana blogspot com, bahwa tidak perlu takut untuk menjadi aneh, setidaknya anda punya dua teman yang aneh.

Related Posts


2 comments:

Dasril Iteza said...

nyantai aja Gan, biarkan aja mereka menghina..... buat saya g masalah asal jangan menghina org/ karya orang aja..... orang yg menghina itu adalah oarng yang gak mikir bahwa dia juga memiliki selangit kekurangan.... iya gak? saya sendiri malahan g bisa bikin website.... xixixiixixiixiiii

salam kenal gan.... lanjutkan terus karyanya....

h_8 said...

ok gan thnx kunjungannya,
sebenernya pos ini dibuat gara-gara
mampir ke basukipramana.blogspot.com, malahan saya bikin postingan
sendiri, mudah2an yang bersangkutan ga marah.

salam kenal gan sampe ketemu di kaskus :shakehand