Recent Post
4.01.2010

Operasi Alpha

A4 Skyhawk
A4 Skyhawk adalah pesawat tempur Amerika awalnya dirancang untuk beroperasi dari kapal induk Angkatan Laut Amerika Serikat. Pesawat ini dirancang dan diproduksi oleh Douglas Aircraft Corporation
A-4 Skyhawk memainkan peran kunci di Vietnam, Falklands
dan perang Yom Kippur.


A4skyhawkThe Skyhawk dirancang oleh Douglas Ed Heinemann dalam menanggapi kebutuhan Angkatan Laut Amerika Serikat untuk serangan pesawat jet-powered, menggantikan Skyraider A-1. Heinemann memilih desain yang akan meminimalkan ukuran, berat dan kompleksitas. Hasilnya adalah pesawat yang beratnya hanya setengah dari spesifikasi Angkatan Laut dan memiliki sayap begitu kompak yang tidak perlu dilipat untuk penyimpanan carrier. The Skyhawk kecil segera menerima julukan "Scooter", "Banten Bomber," "Tinker Toy Bomber," dan pada kinerja gesit-nya, "Heinemann's Hot-Rod."


TypeGround-Attack aircraft
National OriginUS
ManufacturerDouglas Aircraft Corporation
Designed byEd Heinemann
First flight22 June 1954
IntroducedOctober 1956
Retired2003 USN, 1998 USMC
StatusActive with non-US users
Primary usersUS Navy, US Marine Corps
Number built2,960
Unit costUS$860,000 each for the first 500 units
VariantsA-4AR Fightinghawk, A-4SU Super Skyhawk

Operators:

  • Malaysia (A-4PTM & TA-4PTM)
  • Brazil (A-4KU & TA-4KU on order from Kwait)
  • Indonesia (A-4E & TA-4H)
  • Israel (A-4E/H/N & TA-4H/J)
  • Kuwait (A-4KU & TA-4KU)
  • New Zealand (A-4K & TA-4K)
  • Singapore (A-4SU & TA-4S-1)
  • United States ( A-4F/M & TA-4J testbed only) Marine Corps, Navy
  • Argentina (A-4C/M/P)
Kronologi:

  1. Tahun 1979, isu tentang segera dilakukannya pergantian kekuatan pesawat-pesawat tempur TNI AU, melihat bahwa pesawat tempur F-86 dan T-33 memang sudah tua. Amerika Serikat ternyata hanya bisa memberikan 16 pesawat F-5 E/F Tiger II,ini masih belum cukup untuk mengisi kekosongan skadron tempur Indonesia.
  2. Mayjen Benny Moerdani, waktu itu kepala BIA.
  3. Mabes ABRI ternyata kemudian mendapatkan berita, bahwa Israel bermaksud akan menjual armada A-4 yang mereka miliki.
  4. Indonesia dan Israel tidak memiliki hubungan diplomatik. Pembelian armada pesawat tersebut harus diupayakan secara diam-diam, rencana latihan bagi pilot penerbang di Amerika.
  5. bahwa arah sebenarnya tujuan bukan ke Amerika Serikat melainkan ke Israel.
  6. Rute perjalanan: Halim Perdanakusuma - Bandara Paya Lebar Singapura – Frankfurt - Ben Gurion Tel Aviv. Selesai pendidikan selama 4 bulan di Israel, para pilot diterbangkan dulu ke New York, tur keliling AS, juga wajib berfoto sebagai dokumentasi, seakan-akan baru diwisuda sebagai penerbang A-4, sekaligus menerima ijasah versi USMC padahal sebenarnya lulusan dari IAF. Salah satu foto wajib adalah berfoto di depan pesawat-pesawat A-4 Skyhawk USMC.
  7. Indonesia telah menggunakan 33 A-4E/TA-4E Skyhawk II (ex - Angkatan Udara Israel) hingga tahun 2003. Prototipe pertama terbang pada 5 Mei 1980 dari Halim Perdana Kusuma, Jakarta. Pesawat didatangkan dari Eliat (Israel) sebagai bagian dari Proyek Alpha 1980. Pesawat ini benar-benar dikirim melalui laut dalam 23 bulan. Dalam pelayanan sampai 2003 mereka digantikan oleh dua Su-27SK Rusia dan dua Su-30MK.
  8. tidak ada penerbang yang berangkat ke Israel selain Djoko Poerwoko yang mau menceritakan pengalamannya.
  9. A-4 di-grounded pada tahun 2004, Mabes TNI AU tidak pernah mengakui operasi alpha pernah terjadi.

openlibrary.org Menari_di_angkasa
a4skyhawk.org indonesia.htm
lccn.loc.gov
OL1491741A F._Djoko_Poerwoko
NATIONAL LIBRARY OF AUSTRALIA
a4skyhawk.org israel.htm
worldpolicy.org projects arms reports indoarms.html

Related Posts


0 comments: